Sekilas Tempat Kerja Saya LPMP Kalimantan Barat

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. LPMP memiliki sejarah panjang, berawal dari Balai Penataran Guru (BPG) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0240a/O/1991 tanggal 2 Mei 1991. Balai Penataran Guru (BPG) Pontianak mempunyai tugas melaksanakan penataran guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam berbagai bidang studi. Balai Penataran Guru (BPG) direstrukturisasi menjadi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/O/2003 tanggal 4 Juli 2003 sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di daerah untuk mencapai standar mutu pendidikan nasional. Setelah mengalami berbagai perubahan nomenklatur, hingga akhirnya terbit Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dimana peran LPMP Kalimantan Barat semakin dipertegas untuk melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam pelaksanaan tugasnya, LPMP Kalimantan Barat harus menyusun dan menyajikan laporan kinerja sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Perjanjian Kinerja LPMP Kalimantan Barat. Sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pasal 18 ayat (1), LPMP Kalimantan Barat wajib menyusun dan menyajikan laporan pelaksanaan kinerja atas prestasi kerja yang dicapai berdasarkan penggunaan anggaran yang telah dialokasikan dalam bentuk Laporan Kinerja.

Tugas Pokok dan fungsi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sesuai dengan Permendikbud No. 14 Tahun 2015, tentang Organisasi dan Tatakerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, menyatakan bahwa LPMP memiliki tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan fungsi sebagai berikut :

1.   Pemetaan mutu pendidikan  dasar dan pendidikan menengah;
2.   Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
3.   Supervisi satuan pendidikan dasar  dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
4.   Fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan;
5.   Pelaksanaan kerja sama di bidang penjaminan mutu pendidikan; dan
6.   Pelaksanaan urusan administrasi LPMP.

Susunan Organisasi LPMP Kalimantan Barat, berdasarkan Permendikbud No. 14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja LPMP, terdiri dari:
a)    Kepala;
b)    Subbagian Umum;
c)    Seksi Sistem Informasi;
d)    Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi;
e)    Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan; dan
f)   Kelompok Jabatan Fungsional.
Untuk detail tempat saya bekerja nya yukk nonton video nya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel